Senin, 06 Desember 2010

Tanaman Sembung


1. Habitus
Tanaman sembung adalah tetumbuhan yang berbatang kayu yang tumbuh tegak, akan bercabang jika tandan bunga yang pertama mulau muncul dan berikutnya juga akan muncul ranting-ranting jika muncul bunga yang berikutnya.
Batang muda dipenuhi dengan bulu halus apabila tanaman sudah tua maka bagian atas saja yang akan ditumbuhi bulu-bulu.

Tanaman yang mirip herba ini seluruhnya aromatis artinya berbau harum. Tinggi batang dapat mencapai 1 - 4 meter.
Tanaman Sembung tumbuh di hutan denagn ketinggian 1 - 2200 meter dari permukaan air laut. Di Jawa Barat banyak ditanam, karena digunakan untuk bahan obat-obatan.

2. Akar
Tanaman Sembung memilik perakaran yang lengkap dengan akar tunggang yang menghujam ke dalam tanah.


3. Batang
Tanaman Sembung berbatang kayu, bercabang dan beranting.

4. Daun
Daun Sembung bertangkai panjang dan tumbuh tersebar tidak beraturan. Kadang daun bertangkai pendek. Daun berbentuk bulat telur atau lancep dengan pangkal agak runcing berangsur menyempit sepanjang tangkai dan dengan ujung runcing. Daun bergerigi

5. Kandungan Zat
Tanaman Sembung memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat. Dari mulai akar sampai bunga jika disuling akan menghasilkan minyak asiri yang mengandung camphera, sineol, borneol dan limonen. Juga terdapat zat semak serta damar.

6. Khasiat
Air rebusan daun sembung di Jawa Barat biasa di pergunakan untuk mandi oleh wanita yang baru melahirkan agar bau badan tidak anyir.
Tanaman ini daunnya dapat meringangkan penderitaan sakit asma dengan merokoknya sebagai tembakau. Daun dapat digunakan untuk mengobati bekas luka gigitan ular berbisa , sebagai obat batuk, rheumatik, kejang jantung, kolera, ayan, badan lemah, beri-beri, masuk angin, perut nyeri, sariawan, pilek, sakit lambung, malaria, kencing manis, bronchitis, dan tidak teratur datang bulan.

Tidak ada komentar: